Tautan Media Sosial Pada Profil Bisnis Google atau Google Bisnis Profile (GBP)

GBP: Fitur Baru Tautan Media Sosial

Pada bulan Agustus 2023, Google merilis fitur baru pada layanannya Profil Bisnis Google (Google Business Profile / GBP).

Fitur yang sangat bagus dan bermanfaat bagi pemilik usaha agar dapat mencantumkan media sosial pada profil usaha.

Nah, pada artikel ini kita akan membedah apa itu tautan media sosial dan bagaimana cara menggunakannnya.

Apa Itu Tautan Media Sosial?

Tautan media sosial pada profil bisnis Google adalah tautan atau hyperlink yang menghubungkan profil media sosial bisnis Anda, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan platform lainnya, dengan Profil Bisnis Google Anda.

Ini memungkinkan pengunjung profil bisnis Anda untuk dengan mudah mengakses dan menjelajahi konten dan informasi yang Anda bagikan di platform media sosial Anda.

Dengan menambahkan tautan media sosial ke profil bisnis Google, Anda dapat memperkuat kehadiran online Anda dan memberikan pelanggan akses yang lebih mudah ke konten dan informasi terkini yang Anda bagikan di media sosial.

Ini juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan, kepercayaan, dan peringkat pencarian bisnis Anda.

Penting: Tautan media sosial saat ini tersedia untuk wilayah tertentu dan mungkin tidak tersedia untuk Profil Bisnis Anda saat ini.

Bagaimana Memaksimalkan Tautan Media Sosial?

Sebelum mengetahui bagaimana memaksimalkan tautan media sosial, terlebih dahulu harus kita ketahui media sosial apa saja yang saat ini di dukung .

Mengelola tautan media sosial

Berikut adalah media sosial yang sekarang didukung oleh Profil Bisnis Googe:

  • Facebook
  • Instagram
  • LinkedIn
  • Pinterest
  • TIK tok
  • X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter)
  • Youtube

Format tautan media sosial

 Tautan media sosial di Google Profil Bisnis harus mengikuti format di bawah.

Media SosialFormat
Facebookhttps://www.facebook.com/{nama pengguna}Pelajari lebih lanjut tentang pedoman URL Facebook .
Instagramhttps://www.instagram.com/{nama pengguna}Pelajari lebih lanjut tentang pedoman URL Instagram . 
LinkedInhttps://www.linkedin.com/in/{nama pengguna}
https://www.linkedin.com/company/{nama pengguna}Pelajari selengkapnya tentang pedoman URL LinkedIn .
Pinteresthttps://www.pinterest.com/{nama pengguna}Pelajari selengkapnya tentang pedoman URL Pinterest .
TIK tokhttps://www.tiktok.com/{nama pengguna}Pelajari lebih lanjut tentang pedoman URL TikTok .
X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter)https://www.twitter.com/{nama pengguna}Pelajari lebih lanjut tentang pedoman URL
Youtubehttps://www.youtube.com/channel/{nama pengguna}
https://www.youtube.com/user/{nama pengguna}
https://www.youtube.com/@{nama pengguna}Pelajari lebih lanjut tentang pedoman YouTube .
Tabel format membuat tautab media sosial

Bagaimana menambahkan tautan media sosial?

Anda dapat menambahkan satu tautan per situs media sosial. Misalnya, Anda dapat menambahkan satu tautan Facebook dan satu tautan YouTube ke Profil Bisnis Anda. Untuk menambahkan tautan media sosial:

  1. Buka Profil Bisnis Anda. Pelajari cara menemukan profil Anda .
  2. Klik Edit profil kemudianInformasi bisnis kemudian Kontak .
  3. Untuk mengedit, klik Profil sosial kemudian  Panah bawah .
  4. Di tarik-turun yang terbuka, pilih tautan media sosial yang ingin Anda tambahkan.
  5. Di bidang alamat web, tambahkan tautan.
  6. Klik Simpan .

Edit tautan media sosial

  1. Buka Profil Bisnis Anda. Pelajari cara menemukan profil Anda .
  2. Klik Edit profil kemudian Informasi bisnis kemudian Kontak .
  3. Untuk mengedit, klik Profil sosial .
  4. Perbarui kolom alamat web untuk tautan media sosial yang ingin Anda perbarui.
    • Tip: Untuk menemukan format tautan media sosial yang benar, lihat tabel di atas.
  5. Klik Simpan .

Hapus tautan media sosial

  1. Buka Profil Bisnis Anda. Pelajari cara menemukan profil Anda .
  2. Klik Edit profil kemudian Informasi bisnis kemudian Kontak .
  3. Di “Profil sosial” di samping profil yang ingin Anda hapus, klik Sampah .
  4. Klik Simpan .

Kiat:

Dimana Tautan Media Sosial Akan Ditampilkan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *